Ratusan Siswa SMKN 1 Empat Lawang Ujian Kompetensi

TEBING TINGGI – Sebanyak 267 siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 1 Empatlawang, mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian Praktik Kejuruan (UKKPK) tahun Diklat 2012-2013.

Ujian tersebut dilaksanakan selama lima hari, terhitung sejak 1 hingga 5 Maret 2013.
UKKPK kali ini, melibatkan tim penguji dari eksternal dan internal. UKKPK juga terdiri dari ujian materi dan ujian praktek.
Penguji eksternal terdiri dari PT Lautan Berlian Utama Motor Kabupaten Lahat, yang diperuntukkan untuk menguji siswa-siswi jurusan Tehnik Kendaraan Ringan. Kemudian penguji dari Sekolah Tinggi Televisi Lahat, untuk menguji siswa- siswi jurusan Tehnik Audio Video. Lalu tim penguji dari Dishubkominfo Empat Lawang, yang akan menguji siswa-siswi jurusan Tehnik Komputer Jaringan dan Tim penguji dari Inspektorat Kabupaten Empat Lawang, akan menguji siswa-siswi jurusan Akutansi. Sedangakan untuk jurusan Administrasi Perkantoran, akan diuji oleh tim dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Empat Lawang.

Kepala SMK Negeri 1 Empat Lawang, Drs Muhardin M Pd mengatakan, Uji Kompetensi Keahlian, merupakan bagian dari Ujian Nasional (UN). Hasil UKKPK menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan, bagi siswa yang mengikuti ujian tersebut.

“Teori kejuruan mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta didik, terhadap landasan keilmuan. Disamping itu, untuk menguji analisis, daya nalar dan penyelesaian masalah. Sedangkan praktik kejuruan, mengukur kemampuan performansi peserta uji dalam mengerjakan sebuah penugasan atau membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi,” ungkap Muhardin.
Dia menjelaskan, siswa kelas XII wajib mengikuti UKKPK ini, karena salah satu syarat kelulusan mereka dalam UN. Jika ada siswa yang tidak ikut atau tidak lulus UKKPK, maka bisa dipastikan bahwa siswa tersebut tidak akan lulus UN.

“Begitu pentingnya UKKPK ini, jadi siswa harus benar-benar serius dan tidak menganggap remeh,” jelasnya seraya menambahkan, pihak SMK melibatkan tim penguji dari Kabupaten Lahat, serta tim penguji internal SMK Negeri 1 Empat Lawang, khususnya guru Produkti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, melalui Arbanu mengatakan, Disdik sangat mendukung kegiatan UKKPK dan berharap kegiatan tersebut bisa berjalar dengan lancar sesuai dengan keinginan.
“Tentunya Disdik akan memberika Support, agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Arbanu saat menyampaikan sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan UKKPK tersebut.

Untuk diketahui, 267 siswa-siswi SMK Negeri 1 Empat Lawang yang mengikuti UKKPK, terdiri 102 peserta dari jurusan TKR, 30 peserta jurusan TAV, 42 jurusan TKJ, 59 peserta jurusan Akuntansi dan 34 peserta dari jurusan Administrasi Perkantoran. ( Tono )

——————————————

Sumber : KabarKite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s