Penetapan DPS Terancam Molor

TEBING TINGGI – Proses rekapitulasi data dari petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), belum seratus persen selesai dan terancam molor dari jadwal.

Hingga saat ini proses pendataan langsung ke masyarakat belum rampung 100 persen. Padahal Daftar Pemilih Sementara (DPS) harus diumumkan pada masyarakat pada 6 hingga 27 Maret mendatang.

Seketaris KPUD Empat Lawang Drs Mohammad Mursadi mengaku, semua data dari PPK belum sepenuhnya masuk ke KPUD Empat Lawang. Namun, dia yakin akan sesuai jadwal yang telah ditetapkan atau tidak akan molor dari jadwal.

“Insya Allah semua data akan masuk ke KPUD sesuai jadwal, karena ini juga nantinya akan diajukan kepada KPU Provinsi Sumsel sesuai jadwal Pemilukada yang serentak dengan Pilgub,” kata Mursadi, Selasa (26/2) kemarin.

Untuk pemutakhiran data pemilih ini, KPUD sebelumnya telah menjadwalkan dari tanggal 6 Maret hingga 27 Maret, atau lebih kurang 3 minggu.

“Petugas PPDP sudah turun langsung kewarga melakukan pendataan,” terangnya.

Masih kata Mursadi, saat petugas PPDP melakukan pendataan, masyarakat ternyata ada yang belum terdata, maka bisa mengajukan usulan kepada PPS. Atau ketika usai masa pendataan PPDP, KPU akan mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

DPS ini nantinya akan di umumkan di kantor desa atau tempat-tempat umum lainnya. Sehingga, masyarakat nantinya bisa tahu, apakah ia sudah terdaftar sebagai calon pemilih atau tidak. Ketika terjadi pada warga, mereka tidak terdaftar sebagai pemilih, maka masyarakat bisa mengajukan usulan dan mendaftar ulang di PPS.

“Data itu, selanjutnya akan dimasukkan sebagai data pemilih tambahan,” jelasnya.

Setelah proses pengumuman DPS telah selesai, langkah selanjutnya tinggal menunggu data tambahan dan selanjutnya ditetapkan menjadi DPT yang akan berlangsung pada tanggal 2 hingga 9 April secara bertahap pengesahannya.

“Kalau sudah menjadi DPT, berarti data sudah final namun secara bertahap mulai dari PPS, PPK dan disahkan oleh KPUD,” pungkasnya. ( Tono )

——————————————

Sumber : KabarKite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s