KPU Hapus Kampanye Akbar 4 Kabupaten

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel merencanakan akan menghapus kampanye akbar Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Sumsel di 4 Kabupaten Sumsel yang pelaksanaanya berbarengan.

“Setelah kita melakukan studi banding ke Jabar, maka kita berkesimpulan kampanye akbar di empat daerah yang serentak akan kita tiadakan,” kata anggota KPU Sumsel divisi Sosialisasi, Drs Ong Barlian MM, di sekretariat KPU Sumsel, Jakabring, Rabu (27/2).

Menurut Ong, peniadaan kampanye akbar di 4 Kabupaten tersebut, yaitu kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Lahat, Empat Lawang dan Banyuasin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan. “Kita mengakhwatirkan adanya gesekan yang timbul dilapangan, karena partai pendukung Bupati dan Gubenur belum tentu sama. Seperti partai A mendukung Bupati A, namun pada pilgub dia mendukung B,”jelasnya.

Meskipun begitu KPU masih akan menggelar rapat penyusunan jadwal pelaksanaan kampanye dan debat kandidat pemilihan gubernur (pilgub) Sumsel 2013.

Penyusunan jadwal dan zona kampanye masing-masing kandidat, nantinya akan dihadiri tim pasangan calon, pihak kepolisian, dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumsel.

Ditambahkan Ong, dari pertemuan dengan beberapa tim pemenangan, mereka tidak mempermasalahkannya, dan hal itu dianggap terbaik. “Pemilihan yang diusulkan KPU itu baik, tapi semua pasti menginginkan yang terbaik. Meskipun nantinya ada calon yang diuntungkan dan dirugikan untuk hal ini,” terangnya.

Mengenai solusi apa yang akan dilakukan, KPU menganggap tim sukses atau pemenangan saja yang boleh nanti untuk sosialisasi ke 4 daerah tersebut, tapi calon yang bersangkutan tidak boleh.

KPU Sumsel sendiri, menjadwalkan pelaksanaan kampanye Pilgub akan dilaksanakan pada pada 20 Mei-2 Juni mendatang. Untuk diketahui KPU Sumsel pada 8-14 Maret akan membuka pendaftaran, bakal calon Gubenur dan Wakil Gubenur Sumsel periode 2013-2018, untuk balon yang diusung partai politi baik yang ada perwakilan di Parlemen maupun non parlemen.

“Untuk dukungan kursi di DPRD, ia harus memiliki 15 persen kursi, atau 12 kursi. Sedangkan untuk gabungan suara sah pemilu 2009 juga harus memiliki 15 persen suara sah dari 3.501.332, atau minimal 525.200 suara sah.”terangnya.

Pada pencalonan pilgub tersebut KPU sendiri awalnya mempersiapkan untuk 6 calon gubenur dan wagub, terdiri dari 2 calon pasangan independen dan 4 calon pasangan dukungan parpol.

“Karena tidak ada dari jalur perseorangan kita prediksi akan berkurang,”tandasnya.

Sementara untuk debat kandidat cagub Sumsel, KPU sendiri akan menjadwalkan pelaksanaanya pada sela-sela kampanye Pilgub tersebut,

“Kita masih melakukan penjajakan dengan dua stasiun televisi swasta nasional, dan kita harapkan nantinya bisa semua,”pungkasnya. ( Arief )

——————————————-

Sumber : Tribun Sumsel

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s