Tanah Longsor Ancam Jaringan PLN

PAIKER – – Banyaknya longsor dan pohon tumbang menjadi permasalahan tersendiri bagi PT PLN di wilayah KabupatenEmpatlawang.

Bahkan akibat gangguan longsor di beberapa wilayah menyebabkan listrik di 7 kecamatan yang meliputi Kecamatan Jarai yang masuk dalam wilayah Kabupaten Lahat, serta Kecamatan Lintang Kanan, Pendopo, Muara Pinang, Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh (Paiker) yang masuk wilayah Empatlawang.

Nizar, warga Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) mengatakan,matinya listrik di wilayah tersebut sudah termasuk fenomenal.
Karena menurutnya, selain sering waktunyajuga sangat lama. Bahkan sampai beberapa hari.Apalagi menurutnya saat musim hujan seperti sekarang ini,pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.

“Kalau urusan mati lampu kami paling hanya bisa mengelus dada, karena terkadang lama sekali,tapi jangankan kami disini khabarnya di Tebing Tinggi yang ibukota Empatlawang saja sama seperti disini,” ungkapnya.

Warga menurutnya sudah berulang kali melaporkan kondisi tersebut. Hanya saja menurutnya jawaban yang didapatkan tetap sama. Karena gangguan alam. Sehingga masyarakat mau tidak mau harus pasrah dengan kondisi tersebut.

“Cuma yang sering menjadi persoalan, terkadang tagihan yang membengkak padahal pemakaian terbatas dan seringkali mati lampu,”jelasnya.

Manajer PLN Ranting Tebing Tinggi Suprayitno tidak menampik seringnya terjadi pemadaman listrik di wilayah Empatlawang termasuk di jalur Kecamatan Jarai hingga Sikap Dalam dan Ulu Musi. Namun menurutnya pemadaman tersebut memang karena ada gangguan teknis khususnya di jaringan atau instalasi. Salah satu penyebabnya karena banyaknya tanah longsor dan pohon yang tumbang saat musim hujan sekarang ini.

Untuk jalur tersebut menurutnya lintasan kabel atau jaringan instalasi rata-rata berada dijalur yang rawan longsor. Karena tekstur tanahnya banyak yang tebingan.Meskipun menurutnya, walau tidak ada gangguan pada tiang kabel, hanya saja tanah longsor sering membawa pohon yang akhirnya tersangkut di kabel listrik. ( Irhamudin )

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s