Sumsel Sumbang 1,2 Juta Ton Beras Cadangan Nasional

Muara Pinang – Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah menjadi salah satu daerah lumbung beras di Indonesia. Ini dibuktikan dengan kontribusi daerah ini untuk cadangan beras nasional.

Pada peletakan batu pertama pembangunan irigasi Lintang Kiri di Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Senin (18/2) Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, “Sumatera Selatan kini menjadi salah satu lumbung beras terbesar di Indonesia. Tahun 2012 Sumatera Selatan menyumbang 1,2 juta ton untuk cadangan beras nasional. Tahun kita targetkan, produksi beras Sumsel mencapai 1,5 juta ton dari target presiden sebanyak 10 juta ton.”

Menurut Gubernur Alex Noerdin, pada 2013 di Sumatera Selatan akan dilaksanakan pencetakan sawah baru. “Jika proyek ini selesai maka produksi beras di tingkat petani bisa ditingkatkan hingga lima juta ton pertahun perhektar. Jika dikalikan luas lahan Sumsel yang mencapai 3.037 hektar maka produksi beras Sumsel 15 juta ton Insya Allah bisa bisa tercapai,” katanya.

Dipilihnya Kabupaten Empat Lawang sebagai lokasi tempat pembangunan irigasi Lintang Kiri menurut Alex Noerdin karena daerah memiliki potensi yang jelas. “Tidak semua daerah memiliki potensi seperti debit air, kountur tanah dan sebagainya,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan mengungkapkan,pembangunan irigasi Lintang Kiri merupakan jawaban dari keinginan masyarakat di daerah Empat Lawang akan ketersediaan irigasi.

“Keinginan itu sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan mulai tercetus sejak tahun1957 silam dan saat ini baru bisa diwujudkan,” katanya menambahkan.

Dengan pembangunan irigasi yang dibiayai dari APBN tersebut Alex Noerdin mengharapkan Kabupaten Empat Lawang akan menjadi daerah sentral penghasil beras di Sumatera Selatan. ( Maspril Aries )

——————————————-

Sumber : Republika

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s