Dari rusak ke rusak lagi

TEBING TINGGI – Sejumlah ruas jalan lintas sumatera (Jalinsum), tepatnya di sepanjang pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, terdapat lobang yang cukup dalam. Alhasil, keberadaan lobang ini sangat membahayakan pengguna jalan, khususnya mereka yang menggunakan kendaraan roda dua. Terlebih dengan kondisi musim penghujan seperti saat ini, menambah bahaya pengendara sepeda motor. Sebab, lobang yang ada tergenang air sehingga pengendara tidak mengetahui secara pasti “jebakan” lobang yang ada. Bahkan, untuk kendaraan roda empat dengan jenis-jenis tertentu seperti Sedan, dipastikan akan kesulitan melintasi kawasan ini karena khawatir bodi kendaraanya terkena aspal yang berlobang.

Pantauan dilapangan, sedikitnya ada belasan titik jalan aspal yang dalam kondisi memprihatinkan karena berlobang, dengan lebar hingga satu meter lebih dan kedalam hingga 30 centimeter.

Seperti yang ada di depan pasar Musi Jaya II Tebing Tinggi, yang merupakan lokasi terparah. “Hampir setiap tahun, jalan disini dibangun dengan cara tambal sulam oleh pemerintah. Namun setiap tahun pula jalan ini kembali rusak, tepatnya saat musim hujan tiba,” ungkap Gunawan (27), salah satu warga Pasar Tebing Tinggi.

Hal senada juga diungkapkan Wati (35), salah satu PKL yang biasa mangkal di pinggir jalan pasar Tebing Tinggi. Menurutnya, hampir setiap hari kondisi lobang yang ada semakin membesar dan dalam. Sedangkan perbaikan dari pemerintah, hampir bisa dipastikan masih lama.

“Biasanya perbaikan dilakukan pertengahan hingga akhir tahun di setiap tahunnya, padahal jalan ini jalan lintas antar Provinsi,” ujar Wati, sambil menjajakan barang dagangannya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Empat Lawang, Fauzi mengatakan, jalan yang ada di sepanjang pasar Tebing Tinggi merupakan jalan Provinsi. Dengan kata lain, perbaikan dan perawatan dibebankan pada Pemprov Sumsel dan bukan Pemkab Empat Lawang.

“Selaku pemerintah daerah, kami hanya bertugas melaporkan kondisi jalan yang ada ke Pemprov Sumsel, karena merekalah yang bertanggungjawab dan bukan kami,” ungkap Fauzi saat dihubungi via ponselnya.

Lebih lanjut Fauzi berharap, peran serta dari masyarakat Empat Lawang, agar bisa melaporkan kondisi jalan yang rusak kepada pemerintah daerah. Sebab, pegawai PU BM yang ada terbatas, dan tidak memungkinkan mengetahui semua kondisi jalan yang ada di Empat Lawang.

“Jika mengetahui ada kerusakan jalan yang perlu diperbaiki, silahkan lapor pada kami. Jika memang itu jalan Pemkab Empat Lawang, maka akan kami upayakan perbaikan secepatnya. Jika itu milik Provinsi, maka secepatnya akan kami laporkan agar segera mendapat tanggapan dari pihak Provinsi Sumsel,” tandasnya. ( Tono )

——————————————-

Sumber : KabarKite.com

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s