Pilkades Ditunda Hingga Oktober

TEBING TINGGI – Agenda pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Empatlawang akan ditunda hingga Oktober 2013 karena adanya pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Berdasarkan data Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Empatlawang, hingga Juli diperkirakan ada 70 jabatan kepala desa yang habis masa jabatanya. Untuk itu,kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak BPMPD adalah menunda agenda pilkades ditunda hingga Bupati dan Wakil Bupati Empatlawang terpilih sudah dilantik.

Kepala BPMPD Kabupaten Empatlawang Aminudin Bahar mengatakan, untuk masa jabatan kades yang habis semasa tahapan pilkada maka akan segera ditunjuk pejabat sementara atau Pjs.

Karena selama tahapan pilkada tidak diperbolehkan untuk melakukan pilkades. “Kami agendakan Oktober itu karena prakiraan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dilaksanakan Agustus mendatang,” ujar Aminudin.

Aminudin membenarkan sepanjang tahapan Pilkada di Kabupaten Empatlawang 2013 hampir separuh jabatan kades di Empatlawang habis masa jabatanya. Untuk Pjs menurutnya bisa ditunjuk dari masyarakat atas persetujuan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
Namun untuk jabatan kades yang sudah dua periode menjabat dan tidak berhak lagi mencalonkan diri, maka yang bersangkutan bisa ditunjuk sebagai Pjs.
Jika jabatan kades yang habis baru satu periode dan yang bersangkutan ingin kembali maju untuk periode kedua maka tidak diperkenankan sebagai Pjs. “Kecuali dia setelah satu periode dan tidak akan maju lagi untuk periode kedua maka bisa ditunjuk sebagai Pjs,” jelas dia.

Untuk Januari 2013 ini saja ada tiga jabatan Kades yang habis masa jabatanya yaitu Kades Karang Dapo Lama, Kecamatan Sikap Dalam. Kades Kunduran, Kecamatan Ulu Musi, dan Kades Lubuk Gelanggang Kecamatan Tebing Tinggi.

Terpisah, Camat Lintang Kanan Rahmat Riandy mengatakan, untuk Kecamatan Lintang Kanan semasa tahapan Pilkada di Empatlawang ada 5 jabatan kades yang habis.
Kelimanya adalah Kades Tanjung Alam, Rantau Alih, Babatan,Tanjung Jati dan Batu Ampar.
Menurut dia, adanya penundaan agenda pilkades tersebut sudah disosialisasikan kepada masyarakat di Kecamatan Lintang Kanan melalui BPD masing-masing, kemudian menginformasikan kepada masyarakat desa. “Jadi sudah kami sosialisasikan melalui BPD. Sehingga tidak ada lagi warga desa mempersoalkan permasasalahan tersebut,” pungkas dia. ( Irhamudin )

——————————————

Sumber : Koran Sindo

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s