Tidak Ikut Pelantikan, PPS Terancam di PAW

TEBING TINGGI – Meskipun sempat diguncang demo oleh puluhan kepala desa (Kades) dan Lurah beberapa hari lalu, namun pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Empat Lawang tetap berlangsung lancar dengan pengawalan beberapa personil kepolisian.
Namun, diketahui beberapa orang yang dinyatakan lulus PPS, tidak menghadiri acar pelantikan dan terancam diganti dengan peserta lainnya, yang mempunyai nilai dibawahnya.

Anggota KPU Provinsi Sumsel, Ong Berlian mengatakan, pelantikan merupakan salah satu tahapan yang mesti diikuti oleh penyelenggara pemilu. Jadi, apabila tidak hadir pada saat pelantikan bersama seperti hari ini (8/1 ), PPS tersebut bisa melakukan pelantikan besok (hari ini, red ) atau dikemudian hari oleh KPU Empat Lawang.

“Kalau tidak bisa hari ini, ya bisa dilantik besok oleh ketua KPU Empat Lawang ditempat yang berbeda. Misalnya dikantor KPU,” kata Ong Berlian. Hanya saja, terang Ong Berlian, bila PPS yang tidak hadir pada saat pelantikan bersama tadi terus menerus tidak hadir dan tak menjalankan fungsi tugasnya, maka bisa jadi PPS tadi akan di PAW oleh KPU. Karena ya itu tadi, tugas PPS sudah dihadapan mata. Makanya harus dikerjakan secara aktif.

“Proses PAW yang seperti ini wajib dilakukan, karena menyangkut tugas PPS itu harus dijalankan. Nah itu akan diikuti oleh peserta PPS sebelumnya dengan rangking kelanjutannya. Atau apabila tidak ada, maka setidaknya sesuai dengan aturan dan perundang-undangan,” imbuhnya.

Diketahui dilapangan, ada beberapa orang anggota PPS yang tidak hadir. Namun pelantikan tetap berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Ketua KPU Empat Lawang Muroimin Zahri mengatakan, usai dari pelantikan ini para anggota PPS se EmpatLawang diperkenankan untuk musyawarah secara mufakat menunjuk salah seorang anggota menjadi ketua PPS. Kemudian tugas dalam waktu dekat adalah membentuk petugas pemutakhiran data pemilih. Yang nantinya bisa dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Empat Lawang untuk datanya.

“Selamat menjalankan tugas buat kalian, tetap jalani tugas dengan professional, netral,dan bertanggung jawab,” pesannya.

Disisi lain, bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri menghimbau, agar pelaksanaan Pilkada Empat Lawang berjalan dengan kondusif. Salah satunya ia mengharapkan semua masyarakat yang berhak untuk memilih mesti masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Tolong jangan sampai ada warga Empat Lawang yang berhak untuk memilih tidak masuk dalam DPT. Ini harus diperhatikan bagi kades, PPS, Disdukcapil untuk terus saling koordinasi,” ujar HBA pada sambutannya.( Rody )

——————————————

Sumber : Sumsel Post

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s