Baru 4 bulan Dibangun, Tembok Penahan Jebol

TEBING TINGGI – Belum genap empat bulan, bangunan tembok penahan dibagian belakang Masjid Nurul Huda, Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang sudah ambruk. Bahkan, di beberapa titik bangunan tembok penahan sudah hilang terbawa arus sungai.

Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, tembok penahan tersebut jebol pada pertengahan November 2012 silam atau tepatnya ketika arus sungai mendadak besar setelah diguyur hujan deras. Beberapa bagian bangunan masih tersisa, dan sebagiannya lagi sudah hilang dan hanya menyisakan lubang yang cukup besar.

Masyarakat Desa Terusan Baru, terutama pengurus Masjid Nurul Huda pun, mempertanyakan kualitas bangunan tembok penahan dimaksud, yang konon menghabiskan dana sebesar Rp 20 juta rupiah. “Kami khawatir, sisa tembok penahan ini kembali jebol dan mengancam keberadaan masjid desa ini,” ungkap Abas Sahil (38), slaah satu pengurus Masjid Nurul Huda, Terusan Baru seraya mengatakan, kualitas bangunan sangat buruk sehingga cepat rusak.

Dijelaskannya, dana bantuan dari pemerintah untuk pembangunan tembok penahan tersebut, semestinya diserahkan melalui rekening masjid Nurul Huda dan sepenuhnya dikelolah oleh pengurus masjid. Namun kenyataan dilapangan, pengurus masjid tidak dilibatkan sedikitpun bahkan nyaris tidak mengetahuinya.

“Ada beberapa sumber yang bisa kami percaya, bahwa dana yang diberikan Pemkab Empat Lawang bukan Rp 20 juta, melainkan Rp 30 juta dan semestinya diserahkan melalui rekening masjid, bukan langsung ke pemborongnya,” jelasnya.

Sementara Dani warga Desa Terusan Baru lainnya mengatakan, pembangunan tembok penahan dimaksud terkesan asal-asalan, untuk meraup keuntungan pribadi yang lebih besar. Sebab, dilihat dari sisa tembok yang jebol tersebut, bisa diketahui secara pasti kualitasnya.

“Siapapun yang melihatnya, pasti bisa menilai kualitas bangunan itu sangat jelek dan terkesan asal jadi saja,” ujarnya seraya berharap, pemerintah daerah bisa segera turun ke lapangan, untuk mengetahui secara pasti kondisi yang ada serta bisa segera memperbaikinya untuk kepentingan masyarakat Desa Terusan Baru.

Untuk diketahui, tembok penahan dimaksud dibangun pada Agustus 2012 lalu, dengan sumber dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang. Namun belum genap empat bulan, bangunan tersebut sudah ambruk diterjang arus sungai seguring pada pertengahan November 2012 lalu.( Rody )

—————————————–

Sumber : Sumsel Post

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s