KPU Empat Lawang Serahkan 48 Kotak Suara ke MK


Penyerahan kotak suara oleh KPU Kabupaten Empat Lawang beserta Panwaslu Kabupaten Empat Lawang diterima oleh Panitera Muda II MK, Muhidin di Aula Lt. Dasar Gedung MK. Foto Humas/Ganie.

JAKARTA – Menindaklanjuti putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 71/PHPU.D-XI/2013, KPU Kabupaten Empat Lawang menyerahkan sejumlah 48 kotak suara kepada Kepaiteraan MK pada Rabu (10/7) di Aula Gedung MK. Penyerahan kotak suara tersebut dilakukan oleh KPU Kabupaten Empat Lawang beserta Panwaslu Kabupaten Empat Lawang kepada Panitera Muda II MK, Muhidin, yang mewakili MK.

Kotak suara yang diserahkan terdiri atas 38 kotak suara TPS dan 10 kotak suara PPS. Penyerahan kotak suara ini berlangsung setelah dua hari putusan mengenai perselisihan hasil pemilukada Kabupaten Empat Lawang diucapkan Majelis Hakim Konstitusi yang dipimpin oleh M. Akil Mochtar pada Senin (8/7) lalu.

Dalam putusan tersebut, MK memerintahkan kepada KPU Kabupaten Empat Lawang untuk membawa kotak suara hasil pemungutan suara di 38 TPS paling lambat empat hari setelah MK menjatuhkan putusan.

“Mahkamah Konstitusi (MK) meminta kepada KPU Kabupaten Empat Lawang untuk membawa kotak suara hasil pemungutan suara di 38 TPS pada 10 desa di Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang yaitu Desa Tanjung Tawang, Desa Pajar Menang, Desa Niur, Desa Gedung Agung, DesaSeleman Ulu, Desa Muara Pinang Lama, Desa Sukadana, Desa Batu Jungul, Desa Sapa Panjang, dan Desa Sawah beserta dokumen lain kepada Mahkamah paling lambat empat hari sejak putusan diucapkan,” urai Akil bacakan amar putusan tersebut.

Selain itu, MK memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Selatan, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Empat Lawang, dan Kepolisian Resort Kabupaten Empat Lawang untuk mengawasi pelaksanaan putusan Mahkamah.
Selanjutnya, Mahkamah akan memeriksa seluruh kotak suara tersebut untuk kemudian menentukan putusan akhir sengketa pemilukada Kabupaten Empat Lawang.

Sebelumnya, Pemohon mendalilkan telah terjadi kesalahan penghitungan suara oleh Termohon yaitu pengurangan suara Pemohon dan penambahan suara Pihak Terkait di 10 desa pada Kecamatan Muara Pinang. Atas permasalahan hukum tersebut, Mahkamah telah melakukan penilaian dengan mempersandingkan alat bukti surat/tulisan yang diajukan oleh para pihak yaitu berupa Formulir Model C-KWK.KPU di 10 desa pada Kecamatan Muara Pinang yaitu Desa Tanjung Tawang, Desa Pajar Menang, Desa Niur, Desa Gedung Agung, Desa Seleman Ulu, Desa Muara Pinang Lama, Desa Sukadana, Desa Batu Jungul, Desa Sapa Panjang, dan Desa Sawah. (Lulu Anjarsari)

——————————————

Sumber : mahkamahkonstitusi.go.id/

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

52 Balasan ke KPU Empat Lawang Serahkan 48 Kotak Suara ke MK

  1. Detolintang berkata:

    ao nian uji jemo ulu du. Setuju nian aq kanco. Jgn ca’maca dwe u. Mukadmah.. Telajut apo perubahan yg nyemolong. kito kinai pagi. Situs resmi MK tuk kito donlwd la dio ejo anta mangoci4lawang post.

  2. Detolintang berkata:

    Lo anggota MK b dwe u mukadmah. Emang’yo brp selisih jumlah suaro pilgub sumsel dengan suaro pilkada 4lawang..khusus’yo di muara pinang..(minta dong data’yo)..? Kalau ndo terti jgn cicah terti dwe u. Kito kinai hari senin. Telanjut apo perubahan yg menang. Oceh.

    • JEMO ULU berkata:

      Mukadimah jemo KPU, Jemo MK, apo Dukun???
      ngapo dio seuhang yang keruan?? asak bekecek bae kaban ni mukadimah……
      kianaki bae hari senin kelo…

      • dokon ulumusi berkata:

        Makonyo setiap nginak sidang tu di catat mangko keruan itungan o…jangan di kinak’i bae..amon sekedar nengagh jak di si A atau si B yak malah kebingungan dewek kaban du sanak…..

    • Mukadimah berkata:

      yo, kito kinaki be hri Senin, tgl 15 Juli 2013, pkl: 08.00, apo dio team JONLI demo di MK, kalu la yakin menang, ngapo pakai demo ru, galau ni yeee, MK dak pck diintimidasi sssss, team HBA duduk manis dan menunggu keputusan dgn bukak kotak suara dan dicocokkan dgn C2 Plano…..Lanjutkan.

    • Mukadimah berkata:

      makonyo Detolitang simak dan ikuti persidangan di MK ru, kalu kaban nedo kuan perbedaan suaro pilgub dan pil bup khusus di Muara Pinang, biso kaban kinaki disitus http://www.mahkamah konstitus.co.id, kaban gari di Risalah Sidang, nyelaaaa……

      • deto lintang berkata:

        La basi info SITUS mu mukaddum dan jugo mangoci4lawang post(Maaf tuk redaksi mangoci4lawang post yo. terlalu lambat menginfokan situs o. Bagi yg lom kruan). Kasian..honorer dinas pasar, kebersihan dan keindahan kota, lom dapt duit honor. tuk kanco2 honorer. bukan kamu bae lo itu, kami pulo, lom dapat. ado kepala2 dinas diminta sumbangan tuk membantu pendanaan pilkada dari salah satu kadidat.Salah satu contoh kepala SKDP Pasar, Kebersihan Dan Keindahan kota. 75 juta sumbangan o, tuk salah satu kadidat. cek risalah persidangan pembuktian ke V.

      • Mukadimah berkata:

        oiiii Deto Lintang, simak dong keterangan sdr. Sarkowi (kepala dinas pasar), dio tu bukan jeleske sen o….tpi dio nyumbang berupa kaus, kipas tangan, kalu dirupiahkan tdk sampai Rp. 50jt (pengakuan dio, kebenaran perlu dipertanyakan?) dan hakim MK menanyakan kpd yg bersangkutan, kiro2 redaksinya lok ini: “yg saudara bantu calon nmr 1, tapi yg menang menurut saudara sesuai keputusan KPU (tpi kemenangan tsb sdh dibatalkan olh MK) calon nmr 2, gimana itu….?, semoga saudara tetap menjadi Kepala Dinas Pasar”……..terti nedo maksud o….nyela ssss…..

  3. Rafi Putra berkata:

    Salam Untuk Warga Empat Lawang
    dulu LIntang Empat lawang setelah menjadi kabupaten dengan alasan terlalu panjang maka “kata” LINTANG di penggal untuk menghilang kan LINTANG dari rasa yang dalam memang sulit
    dan kali ini Lintang Empat lawang semakin tenar berkat HBA alias haji Budi antoni aslio jemo Talang padang dan makin terkenal lagi setelah HBA membawa kasus pilkada empat lawang ke Ranah Hukum sampai ke MK dan bahkan banyak Orang empat lawang yang harus berada di MK jakarta

    ini pelajaran yang berharga untuk politik di empat lawang, semoga yang akan datang makin cerdas dan makin satria jika ada yang kalah bisa menerima hasil kekalahan sebagai bahan untuk intropeksi diri bahwa kalah karena kurang suara yang setuju atau mendukung

    pendukung adalah orang yang memberikan kepercayaan terhadap tugas yang diberikan oleh undang-undang

    • deto lintang berkata:

      Sekelompok orang yang memberikan sesuatu kepada orang/kelompok untuk melaksanakan dan menjalankan suatu tujuan.

  4. utsman bin affan berkata:

    Hay kawan kawanku janganlah kita memecah persatuan empat lawang dengan cara saling menonjolkan kedaerahan ..mmarilah kita lihat persamaannya tebing dengan lintang itu sama sama empat lawang…..biarpun jemo tebing ataupun jemo lintang yang memimpin mari kita dukung bersama sama kalau kita selalu berpegang dengan ego ke suka an yang kita dapatkan bukan persatuan malah sebaliknya yaitu perpecahan sekali lagi mari kita lihat lebih jernih lagi jangan lah kita mendahulukan sifat egoismu….

  5. roy berkata:

    masyarakat empat lawang mari kita bersatu bukan memecah belah jadi dua bahkan tiga.
    hrus kalian masyarakat empat lawang..bahwa kita sbagai masyarakat empat lawang berhak memilih dan berhak menurunkan bila. jika pemimpin yg akan memimpin 5 tahun kedepan tidak menjalankan kinerja sebagai pemimpin yg jujur amanah dan adil. yg harus kita lakukan adalah membina generasi muda empat lawang menjadi manusia yg dapat berperan dalam kepemimpinan di masa akan datang..pasangan yg menang menurut keputusan MK adalah pasangan yg bisa memberikan kontribusi yg signifikan untuk perubahan kota. ekonomi. pendapatan daerah. kesejatraan rakyat. dr kalangan petani.wiraswasta. maupun tenaga kerja honorer. baik itu guru honorer. tenaga pekerja di bidang umum yg honorer.

  6. Jemo 4 lawng berkata:

    Aq skdar mbrih masukn buat mukadimah,.alangkah bdoh ny jik pihak incambn mnuduh pihak jonli mlakukan kcurngn di KPU..kjadian aneh bukn kah sblum pilkada,Antek2 ny HBA brkat appun CARAny HBA hrus menAng..soal duit HBA byk,sbb ud puny modal 5 thn mnjbt bupati 4 LAWANG.klo jonli org saro anak pandey madak mak in pihak HBA nangis..

    • Tegokela Nyemulongahh.Kalu jemo lintangNyo menang Pembangunan mengarah ke lintang Jangan nak di daerah tebing tulah nyo di bangon,Lintang ketinggalan,kalu rajonyo JEME tebing Lintang nedo Maju2,Kalu pelihan Ulang Payolah hoi Rakyat lintang milih JONLI. …OK

    • Mukadimah berkata:

      nahhh….kareno kaban nedo kuan mslh yg di Muara Pinang, aku jelaske…..saat pemilihan/pencoblosan di Muara Pinang, khusus: dusun Tanjung Tawang, Pajar Menang,Niur, Gedung Agung,Saleman Ulu, Muara Pinang Lama, Sukadana, Batu jungul, Sapa Panjang dan desa sawah, data hsl pencoblosan yg dikertas besak (C2 Plano) dan kertas suaro pencoblosan hslnyo lah dicatat olh masing2 saksi di kertas rekap C1, hasil keseluruhan utk Muara Pinang ini, memang HBA kalah. dem itu seluruh C2 Plano dan DPT(daftar pemilihan tetap) dimasuke kedlm kotak TPS yg kemudian disegel. Tapi setelah KPU yg diketuai olh Muraimin memanipulasi/digelembungkan hsl rekap dikecamatan D1 menjadi lebih besak agi menang suaro Jonli, apo mungkin jumlah suaro pemilihan bupati lebih besak jumlahnyo dri hsl pemilihan gubernur, pdhal DPT samo, hari pencoblosan samo, jdi isi o dak samo agi dgn yg asli dlm kotak tu, jdi o saksi HBA protes….ngapo ketua KPU merubah dan dak samo dgn hsl yg di kertas C2 Plano. kalu idak dirubah D1 yg diplenokan olh KPU (sesuai hitungan hsl C2 palno) dan dijumlahkan seluruh kecamatan yg ado diseluruh kab 4lawang, HBA la menang, 750 suaro, ini lah yg dinamoke merampok suaro HBA, jdi HBA ni batak mslh ke MK utk balekke suaro sesuai hsl C2 Plano, hasil bukak kotak ini la yg nak kito tunggu hri Senin, tgl 15 Juli 2013, pkl: 08.00…….Lanjutkan HBA…..

    • Rafi Putra berkata:

      mantap coy sejarah membuktikan anak pak Andegh jadi kepercayaan masyarakat

  7. joel lintang berkata:

    kalu HBA menang perlu dipertanyokan agi , soalo la kina’an kelincahan eh kelicikano. . . . . . Cobo kalu kemahitu benagh2 , nedo mgk jemo bepaling. Cuma bapikira kamu nyo didusun, la ado jemo lintang , nagapo na mili jemo tebing tingi . . . Awak umban nian. Tegokela.

    • Ngasoiyo pulo jemo lintang nyadi R A J O .so HBA ru jemo NEDE,ngapo pulo jemo2 lintang milih dioru,kalu bukan keno duiet,( SEN )la bango nian,sodioru,nyo mihak bukan jemo lintang????????????? OK

    • Mukadimah berkata:

      nak jemo Lintang, jemo Tebing, jemo Saling…..galo2 dibawah jemo Kab. 4 Lawang, nyela…….yg licik tu Jonli, suai ngan namo o…. Joncik Licik (Jonli)…wakakakkkk….

  8. Jemo 4 lawng berkata:

    Dem dai btengkar,puase oi

  9. utsman bin affan berkata:

    Saurrrrr….. Sauuuuuu….. Sauuuuuuuuurrr…….

  10. Insya allah Kotak suara tdk di kutik2 Oleh Tangan Jahil Pasti JONLI Tetap Menang,Walaupun dihitung Ulang Sampai 12 belas kali.Insya allah Yarob

  11. Dimak nendie kalah tu apelagi INCUMBENT Dengan segale care nak menang empuk H 3 (halal haram Hantam) nak menag tulah Nak Ngumpulkah Banyak Duet Kanek di Batak Mati

    • Mukadimah berkata:

      aseku yg nak menang ngan segale care…. Jonli tu la….ade pule hasil suaro nak dibesak2i……ngapo Jonli takut kotak suaro dihitung di MK, kalu memang meraso menang duduk manis be….tunggu hsl hitungan ulang kotak suaro yg Muara Pinang ne…kan kunci kota o ado ngan ketuo KPU Muraimin antek Jonli, bukti suaro asli kan ado dlm kotak tu, termasuk DPT dan kertas suaro yg ladicoblos, mulai galauuuuu ya jemo Jonli…..

      • putra 4 lawang di rantau berkata:

        Galaunya karena pasti atau paling tidak takut kotak suara dicurangi kan kotak suara kata kamu rusak tapi koncinya ada di ketua KPU jadi apa yg terjadi….!!!!!

  12. utsman bin affan berkata:

    Setuju mukaddimah..memang perlu kita jelaskan sama kawan kawan kita ini biar mereka tau..kalau. Urusan listrik itu tidak ada hubungannya dengan pemerintahan kabupaten….& kalau saya lihat di empat lawang ini segala hal di jadikan ajang untuk berjudi yaaaahh pemilihan bupati saja di jadikan ajang taruhan …..astagfirulllaaaaahaladzim segera lah bertobat sanakkkkk….

    • putra 4 lawang di rantau berkata:

      Listrik bisa jadi urusan semua dan harus pemimpin bisa mengerti maunya rakyat…cari peluang untuk sumber listrik yg lain, belajar dari daerah yg lain…

      • jemo daghat ayek musi berkata:

        Kalau urusan semuanya jangan hanya menyalahkan pemimpin donk…harusnya anda juga mikir bagamana caranya dan jangan hanya bisa menyalahkan pemimpinnya.OK

      • putra 4 lawang di rantau berkata:

        Sungai musi besak…itu potensi listrik

      • JEMO TALANG BETAHUN-TAHUN KATEK LISTRIK berkata:

        Masuk Akal uji putra 4 lawang di rantau… jangan pacak bangun jalan poros bea,, sampai sekarang nedo pacak di lewati,,
        pasar pendopo jugo… nedo pacak bejualan…

  13. Jemo 4 lawng berkata:

    Dari pda bdbat mndingn bdo’a agr pmimpin 4 lawang ni klak bnr2 brjiwa pimmpn.bukn cuma harus kkuasaan.cuma utk mnghambur2kn uang negara,conto kantor LLAJ tgl puing2.

  14. Gorbacef berkata:

    Insya allah keputusan MK Nanti bnar2 kputsan yang tepan.. Lanjutkan MK Buktikan kbnarnnya.

  15. Nye menang jongcik tla . Hba la bangai , ngabisi sen be nak batak ke mk nian. Nyogok2 pns. Blum struk HBA kmu s. Ajungla balek mendam di uma be. Me kalah udem

    • Mukadimah berkata:

      HBA nak batak mslh suaro yg la dirampok Jonli utk balike suaro tu, dri mano datang o Jonli menang ru…..Jonli menang khayalan be, tu la sering bejudi dikantor dewan ru, kalu HBA menang nian, kinaki be jadwal sidang bukak kotak dan ngitung suaro yg di Muara Pinang hari Senin tgl 15 Juli 2013, pkl: 08.00, siap2 be Jonli pakai kancut bayar utang…

    • JEMO ULU berkata:

      ao ai… dem la pule HBA… malu2 ke bae… Incumbent pacak kalah di kpu…
      pedio pule gawe 5 tahun mimpin… mano ado sejarah bupati/walikota di sumatera selatan ni yang jabat 1 periode… mpai empat lawang ni la…. introspeksi diri kudai…

  16. Mukadimah berkata:

    dari awal la jelas HBA yg unggul, kareno kelicikan dan kebusukan Jonli dan ketuo KPU 4lawang yg antek2 Jonli, hsl rekap di kecamatan Muara Pinang hasil o disulap seakan2 Jonli menang, la tebudi galo2 pengikut Jonli (Joncik Licik), rasoi la dewek, ternyato MK dak pck dibudike, hasil perhitungan MK tetap HBA yg menang…..lanjutkan…..

    • deto lintang berkata:

      Kito jinggo hsl’yo..telanjutkan apo perubahan..yo dahhhh bi’che+nang’che……..!!!

      • JEMO ULU berkata:

        untung bae di hitung ulang kalu pemilihan ulang tambah kalah nian, la jelas jemo lintang milih jonli….. “INCUMBENT KALAH” berarti jemo tu la bosan galau… cb jakdi lahat, 70% incumbent o menang, nedo perlu ke MK agi, ngabesi sen o bae.. Cubo Sen o di bangunke Gardu Induk (GI) Empat Lawang, La selesai.. nedo Katek LiSTRIK cak “DISKOTEK” ,,,, Pasti di pilih jemo agi….

      • Mukadimah berkata:

        alangke bange o kaban ru, dak terti melok2 komen pule, dak katik hubungan PLN dgn pemkab ru, PLN dibiayai dri negara, namonyo be Perusahaan Listrik Negara, dang kan pemkab 4Lawang ngurusi kabupaten, kalu negara la ado dana utk bangun gardu dewek di 4 Lawang, baru pck alap listrik di 4lawang ru, sekolah nedo kaban Jemo Ulu……asak bekecek be kaban ne……

    • zhixoabls berkata:

      s7 deh sma kmu

    • JEMO ULU berkata:

      memang bange galo jeme empat lawang ni ru.. nedo sekolahan.. cuma hidup talang nunggui kawe.. kaban tula yang pintar

      • joel lintang berkata:

        taikucing kamue , pakai logika bae, tebing cuma seceper maitu blm ado aponyo ngan lintang, nedo mgk jemo lintang milih jemo tebing, dasar hba bae nenda nerimo kenyataan . . . . .

      • putra 4 lawang di rantau berkata:

        Setujuuu joel…walau aku jeme tebing…sippppp

  17. FADLI ZAINI berkata:

    siapo yang menang dio lah yang jadi bupatinyo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s