Tujuh Saksi KPU Kab. Empat Lawang Bantah Keterangan Saksi ‘Berhasil`

JAKARTA – Sidang lanjutan terhadap perkara perselisihan hasil pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Empat Lawang kembali digelar oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (27/6) di Ruang Sidang Pleno MK.

Sidang perkara dengan Nomor 71/PHPU.D-XI/2013 ini dimohonkan oleh pasangan calon nomor urut 1 Budi Anthoni Aljufri-Syahrial Hanafi (BERHASIL).

Dalam sidang pembuktian tersebut, KPU Kabupaten Empat Lawang menghadirkan tujuh orang saksi yang membantah keterangan saksi Pemohon pada sidang sebelumnya. Salah satu saksi Termohon, yakni Ketua PPS Fajar Menang, Kecamatan Muara Pinang, Haryono membantah adanya penambahan maupun pengurangan suara yang terjadi di PPS yang diketuainya.

“Tidak ada permasalahan selama pleno dan pemungutan suara berjalan lancar,” jelasnya.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Anggota PPS Fajar Menang , Kecamatan Muara Pinang, Irzan Heri. Irzan mengungkapkan DPT di tempatnya yang terdiri dari 3 TPS terdapat 280 pemilih dengan jumlah pemilih sebesar 279 orang. “Suara sah sebesar 270 suara dan suara tidak sah sebesar 9 suara. “Tidak ada yang protes dari saksi Pemohon, “jelasnya.

Selain itu, di Tanjung Tawang, Taslim menjelaskan tidak ada protes yang dikemukakan oleh saksi pasangan BERHASIL mengenai perolehan suara.

“Semua saksi hadir dan menandatangani form C1,” ujarnya.

Sementara itu, pasangan nomor urut 2 Joncik Muhammad-Ali Halimi selaku pasangan Pihak Terkait juga mengajukan beberapa orang saksi yang juga membantah keterangan saksi Pemohon.

Pemohon mendalilkan empat pelanggaran yang diilakukan KPU Kabupaten Empat Lawang dan Pihak Terkait yang menyebabkan hilangnya sejumlah 977 suara Pemohon. Keempat pelanggaran tersebut di antaranya penambahan suara terhadap PihakTerkait dan pengurangan suara Pemohon. Pengurangan suara yang terjadi di empat desa. Selain itu, pelanggaran lain yang terjadi yaitu adanya penambahan jumlah suara di Kecamatan Muara Pinang terhadap suara milik Pihak Terkait oleh PPK Kecamatan MuaraPinang.

Tak hanya itu, Pihak Terkait juga dinilai melakukan intimidasi dengan melakukan pembacokan dan lainnya.
(Lulu Anjarsari/mh)

——————————————

Sumber : mahkamahkonstitusi.go.id

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s