50 Orang Panwascam Ikuti Bimtek

TEBING TINGGI – Sebanyak 50 orang Panitai Pengawas Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Empatlawang, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Keuangan, Selasa (7/5) di aula Hotel Zuliant Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan oleh Panwas Kabupaten Empatlawang ini, mendatangkan narasumber dari Badan Pengawas Keuangan Pemerintah (BPKP) perwakilan Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua Panwas (panitia pengawas) Kabupaten Empatlawang, Ahmad Husein SE Akt mengatakan, kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada komisioner panwas kecamatan beserta sekretaris dan bendaharanya, agar bisa menggunakan anggaran keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

“Mereka diberikan pemahaman tentang pembukuan keuangan, tatacara pembuatan laporan keuangan dan lain sebagainya,” ungkap Husein, kemarin.

Husein berharap, setelah mengikuti kegiatan Bimtek tersebut, Panwascam bersama sekretariatnya bisa mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan selama Bimtek, pada saat melaksanakan tugas dan kewajiban menjadi Panwas.

“Mudah-mudahan setelah ini, semua anggota Panwascam beserta sekretariatnya lebih memahami tata cara penggunaan keuangan serta tatacara pembuatan laporannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dedi, salah satu Narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumsel menerangkan, banyak hal yang perlu dipelajari dan dipahami oleh pihak terkait, agar penggunaan dana yang diterima dari Pemerintah tidak melanggar aturan. Salah satunya, dana yang ada tidak boleh digunakan diluar kepentingan kegiatan yang sudah ditetapkan. Laporannyapun harus jelas dan dilengkapi dengan bukti yang otentik.

“Uang keluar harus jelas kegunaannya dan harus disertai dengan bukti, baik itu kwitansi, foto dan bukti lainnya yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika ada sewa gedung, berarti harus ada kwitansi sewanya, begitu juga jika biaya trasportasi harus ada nota BBM nya,” jelas Dedi.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek ini diikuti oleh seluruh Panwascam beserta Sekretaris dan Bendaharanya. di Masing-masing kecamatan.
(Tono)

——————————————

Sumber : KABARkite.com

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Tulisan ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s