Berkas Bacaleg Belum Lengkap

TEBING TINGGI – Berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) seluruh 12 parpol peserta Pemilu 2014, di Kabupaten Empat Lawang belum lengkap 100 persen.

Hal ini berdasarkan hasil verifikasi awal tim Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang.
“Banyak yang belum lengkap, kami kembalikan dulu semua berkas bacaleg ke Parpol masing masing untuk diperbaiki,” ujar Ketua KPUD Empat Lawang, Muroimin Zahri, BA melalui Komisioner bidang Hukum. Mirian, kemarin.

Dijelaskan Mirian, perbaikan berkas bacaleg di deadline hingga 22 Mei 2013 pada jam kerja. Jika masih tidak memenuhi syarat (TMS) maka dengan terpaksa gugur atau dicoret dari daftar pencalegkan.

Oleh sebab itu, diharapkan parpol bisa berkoordinasi secepatnya dengan para bacaleg untuk melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan.
Terlebih lagi, bagi bacaleg perempuan. Itu cukup urgen jika berkasnya tercatat TMS dan gugur, pengaruhnya kepada segenap bacaleg di dapil itu. Karena pemenuhan kuota wajib 30 persen, harus dipenuhi.

“Namun, ada angin segar saat ini boleh saja dilakukan pergantian bacaleg. Jika memang berkas TMS bisa diganti dengan calon lain asal berkasnya diajukan sebelum 22 Mei nanti,” jelas Mirian.

Dia menguraikan, sebagian besar kesalahan berkas karena tandatangan pada form asli tidak tertulis basah atau hanya fotocopy. Nah, sesuai ketentuan itu harus tandatangan asli dan cap basah parpol.

Selain itu, ada juga kesalahan mengenai umur. Ada bacaleg diajukan belum mencapai 21 tahun tercatat pada saat penyerahan berkas April lalu.

Mengenai SKCK dan surat keterangan dari pengadilan sebenarnya itu tidak diperlukan pada pemberkasan bacaleg ini. Terkecuali jika memang sudah pernah dipenjara, wajib menyampaikan surat keterangan hanya satu kali melakukan kejahatan, harus disampaikan melalui media massa dan dilampirkan.

“Untuk kades, tetap harus mengajukan surat pengunduran diri dan diketahui bupati melalui BPMPD,” urainya.

Tehknis selanjutnya, pihaknya berharap parpol dan bacaleg bisa mengajukan kembali berkas secepatnya. Agar bisa langsung di verifikasi sebelum deadline 22 Mei, dan dilakukan perbaikan secepatnya jika masih tercatat TMS.

“Kami ingin pengajuan ke KPUD Provinsi dan pusat semua berkas bacaleg sudah TMS semua, jika memang masih ada yang nanti gugur jangan sampai itu di KPUD Empat Lawang,” imbuhnya.
(omi)

——————————————

Sumber : Palembang Pos

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s