UP2K Tim Penggerak PKK Empatlawang siap jadi yang terbaik di tingkat Nasional


( Gambar ; Tim penilai dari pusat sedag melakukan penilaian UP2K di Kabupaten Empatlawang )

TEBING TINGGI – Setelah berhasil meraih prestasi yang gemilang di tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Empat Lawang siap memberikan kejutan lagi untuk menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

Untuk mewujudkan mimpi tersebut, UP2K Empat Lawang harus menyingkirkan lima daerah lainnya yang menjadi pesaing mereka untuk menjadi juara Nasional.

Empat Lawang menjadi satu-satunya daerah asal Sumatera, yang mampu bersaing dengan ratusan daerah di seluruh Indonesia, meskipun baru berdiri belum genap Enam tahun.

“Saya sangat bangga berada disini, ini daerah para juara. Walaupun masih nominasi, tetapi saya yakin daerah ini bisa merebut juara di tingkat Nasional karena memang memiliki PKK yang solid dan baik,” ungkap tim penilai UP2K Pusat, Ny Imam Widodo saat memberikan sambutan, Rabu (3/4) .

Ia menambahkan, pencapaian dengan telah menyisihkan 530 kabupaten/kota dari 33 Provinsi di Indonesia, merupakan suatu prestasi yang gemilang apalagi Empat Lawang masih seumur jagung.

“Ini baru usia Enam Tahun ibaratnya masih kecil, apalagi nanti kalau sudah dewasa maka saya yakin daerah ini akan menjadi juara di tingkat nasional,” ucapnya.

Ditambahkannya, hal itu menunjukkan bahwa kepemimpinan Bapak-Ibu tidak diragukan lagi, keaktifan PKK tidak hanya mengejar kemenangan dan populer tapi sejauh mana manfaat PKK bagi masyarakat.

“Menjadi anggota PKK sebenarnya hanya penanaman modal akhirat jangan berpikir gaji besar, karena tugas ini untuk kesejahteraan keluarga,” urai Wanita Usia 74 tahun ini.

Menurut dia, PKK Empat Lawang sudah menang dan menjadi juara maka Dengan kemenangan tersebut diharapkan bisa memicu keberhasilan PKK selanjutnya.

“Saya akan memperjuangkan daerah ini menjadi juara nasional, karena sudah melaksanakan 10 unsur pokok PKK kemudian mampu bersaing dengan daerah superior lainnya seperti Jawa Tengah dimana disana merupakan lahirnya PKK, Jogjakarta yang luar biasa kreatif dan Jawa Timur yang sangat mengesankan, tetapi Empat Lawang mewakili Sumsel saya yakin punya warna tersendiri,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PKK Empat Lawang, Hj Suzzana Budi Antoni, melalui Wakil Ketua II PKK Empat Lawang, Hj Rolina Anwar mengatakan, PKK Empat Lawang siap dengan semua kemungkinan. Menjadi juara ataupun tidak itu urusan nanti, namun yang pasti PKK Empat Lawang sudah mampu memberikan yang. terbaik bagi daerah.

“Kami sangat bersyukur mampu menembus tingkat nasional, dengan menumbangkan 530 daerah lainnya dari 33 Provinsi. Hal ini membuktikan, Empat Lawang dibawah pimpinan H Budi Antoni memang betul-betul berhasil,” katanya.

Ia menambahkan, Lomba UP2K juga dilakukan di masing-masing kecamatan untuk terus mengaktifkan PKK dimasing- masing desa.
“UP2K juga digelar di masing- masing kecamatan,” tuturnya seraya menambahkan, Empat Lawang saat ini sudah punya 77 Kelompok UP2K.

Sementara itu, Ketua PKK Kelurahan Jaya Loka yang Kelompok UP2K nya menjadi andalan Kabupaten Empat Lawang menyampaikan, ada empat kelompok yang dimiliki Kelurahannya.

“Jayaloka memiliki Empat kelompok, diantaranya UP2K Melati yang memproduksi Lempok, Kelompok Mawar memproduksi kopi bubuk, Kelompok Teratai produksi emping jagung dan terakhir kelompok Anggrek yang memproduksi peyek,” urainya.

UP2K Jaya loka sambungnya, juga sudah beberapa kali mengikuti pelatihan dari tahun 2005 hingga 2013. Diantaranya pelatihan tentang penyuluhan kesehatan, pelatihan manajemen administrasi dan pembukuan di Palembang, pelatihan temu usaha agribisnis di Kutai Kartanegara Kaltim dan beberapa pelatihan lainnya.

“Ini semua berkat dukungan Bupati dan Ketua TP PKK Empat Lawang, dalam mendorong meningkatkan kegiatan kelompok-kelompok UP2K di Jayaloka,” pungkasnya.
( Tono )

——————————————-

Sumber : KABARkite.com

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s