Nyaleg, Kades wajib mundur

TEBING TINGGI – Pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD) Empatlawang meminta kepada Kepala Desa (Kades) di Empatlawang yang mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) untuk bersedia mengundurkan diri.

Kepala BPMD Empatlawang Aminudin Bahar mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi adanya kades di Empatlawang yang sudah terdaftar menjadi caleg. Hanya saja menurutnya jika sudah masuk tahapan penetapan bakal caleg nanti, jelas akan diketahui ada atau tidaknya kades yang mendaftar sebagai caleg partai tertentupeserta Pemilu.

Apa bila nanti ada kades yang terdaftar sebagai caleg partai tertentu maka yang bersangkutan harus memilih mengundurkan diri sebagai caleg atau mengundurkan diri sebagai kades. Karena menurutnya, hal tersebut diatur dan ada payung hukum yang jelas yang mengatur hal tersebut.

“Kalau sekarang memang belum ketahuan, tapi jika nanti sudah masuk penetapan jelas akan ketahuan, maka yang bersangkutan harus memilih atau akan terkena sanksi,” ujarnya, Kamis (28/3/2013).

Memang diakuinya, dari 146 Kades yang ada di Empatlawang 40 diantaranya akan habis masa jabatan selama tahapan Pilkada atau hingga Juni mendatang.

Sementara saat ini Parpol yang sudah dinyatakan oleh KPU lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu tahun 2014 mendatang sedang melakukan penjaringan bakal caleg. Sehingga kemungkinan ada kades yang mendaftarakan diri sebagai bakal caleg.

“Kemungkinan itu bisa saja terjadi, namun aturan tetap dan harus ditegakkan,” tukasnya.

Sementara menurut Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Empatlawang HM Sohid Dj tidak membantah selama penjaringan ada beberapa Kades yang mendaftarkan diri.
Bahkan menurutnya untuk Hanura saja ada lima kades di Kecamatan Pendopo yang mendaftarkan diri ke Hanura, namun ditolak karena mereka enggan menandatangani pernyataan mereka mundur sebagai Kades.

“Untuk di Hanura ada lima orang Kades yangmendaftar, namun karena mereka menolak membuat pernyataan mundur sebagai Kades terpaksa kami tolak atau dibatalkan,” ujarnya.

Dia mengatakan, meskipun saat ini masih tahapan pendaftaran dan belum ada penetapan calon, namun aturan yang dikeluarkan KPU diantaranya bakal calon yang mendaftar tidak boleh berstatus PNS, TNI/Polri atau jabatan politis lainnya. Karena status mereka adalah Kades, jika ingin mendaftar harus mengundurkan diri.

“Karena aturan mereka itu saat mendaftar sebagai bakal caleg, surat pernyataan mundur sudah harus disertakan. Karena mereka tidak bersedia, maka itu tadi, mereka kita coret dari daftar bakal caleg,” jelasnya.
( Haris Kurniawan )

——————————————

Sumber : Sindo News

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Pilkada Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s