RANGKAIAN MANASIK HAJI EMPAT LAWANG DIMULAI

Dalam rangka menghadapi musim haji tahun2012, kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Empat Lawang melakukan berbagai persiapan. Diantaranya adalah penyusunan agenda dan materi acara pra manasik dan manasik.
Kegiatan pra manasik kecamatan dilaksanakan di bulan Juni 2012.

Menurut Koordinator Siskohaj dan Penyelenggaraan Haji kantor Kemenag Empat Lawang, Anas Jauhari, S.Ag, konsep kegiatan pra manasik dan juga manasik sudah selesai disusun, dan tinggal menerapkan saja.

“Kita telah menyiapkan banyak hal terkait penyelenggaraan haji untuk kabupaten Empat Lawang. Seperti kegiatan pra manasik, ini akan dilaksanakan tingkat kecamatan, jadwalnya ada enam kali pertemuan. Kemudian diikuti manasik tingkat kabupaten,” terang Anas di Tebing Tinggi, Selasa (12/6).

Dalam kegiatan pra manasik, para jemaah calon haji ( JCH ) akan diberikan pengetahuan lengkap tentang ibadah haji. Mulai dari pengetahuan umum seperti sejarah turunnya perintah berhaji, syarat dan rukun haji, dan tata cara melaksanakian ibadah haji. Jemaah juga akan menerima materi tata cara perjalanan jemaah dari tanah air hingga ke tanah suci, serta kembali lagi ke daerah masing-masing.

“Dalam kegiatan pra manasik nanti, kita akan memberikan penjelasan semua hal dan mempraktekkannya. Termasuk mengenai pola koordinasi dengan panitia dan pendamping. Tentu saja materi tata cara ibadah haji juga akan disajikan secara lengkap dan jelas, sampai semua calon jemaah faham seratus persen,” jelasnya.

Dilanjutkannya, dalam pra manasik dan manasik, jemaah juga diminta menyiapkan diri terutama secara fisik dengan cara meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Setelah itu jemaah harus berupaya dengan sebaik-baiknya untuk bisa menenangkan pikiran dari segala hal yang membebani.

“Karena memang pelaskanaan ibadah haji ini lebih banyak bergerak dengan ibadah fisik. Makanya teknik-teknik menjaga kesehatan itu penting sekali,” jelasnya lagi.

Lebih dijelaskan, calon jemaah haji kabupatenEmpat Lawang tahun 2012 ini sebanyak 26 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang sebanyak lebih dari 23 orang.
Kenaikan jumlah jemaah tahun ini bukan hanya dikarenakan peminat haji membaik secara ekonomi , namun lebih disebabkan adanya pengenalan kantor Kementerian Agama secara luas oleh masyarakat Empat Lawang yang selama ini lebih mengenal kabupaten Lahat untuk mengurus keberangkatan haji.

Sebagai rangkaian kegiatan perdana manasik tingkat kecamatan tahun 2012 ini dimulai di kecamatan Tebing Tinggi yang dipusatkan di masjid Jamik Tebing Tinggi, Selasa (12/6). Dengan menghadirkan narasumber Drs. M. Syaifullah yang mengetengahkan tentang panduan perjalanan haji serta dr. Desi Yusnianti memberikan materi tentang kesehatan ibadah haji, diharapkan para jamaah calon haji dapat maksimal dalam persiapannya sebelum keberangkatan, selama di Arab Saudi dan setelah kepulangan ke Tanah Air dari pelaksanaan Ibadah haji.

http://sumsel.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=96071

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s