Jumlah Penduduk Berkurang, Kursi DPRD Hilang

Dari hasil pendataan dan perekeman Elektronik Kartu Tanda Penduduk ( E- KTP ) diKabupaten Empat Lawang sementara, diperkiran jumlah penduduk sekitar 200 ribu jiwa, hal ini akan menyebabkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Dareah di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati akan berkurang.

Pasalnya, waktu pemilihan wakil rakyat 2009 lalu jumlah penduduk di Empat Lawang sekitar 221 jiwa sehingga kursi di DPRD berjumlah 30 orang.
Namun diprediksijumlah tersebut akan berkurang karena jumlah penduduk hanya sekitar 200 ribu jiwa. Secara otomatis maka jumlah kursi dewanpun akan bekurang sebanyak 5 orang.
Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto Aljufri mengatakan sesuai dengan Undang Undang No 10 tahun 2008, Tentang Pemilu, ketentuan kuota kursi legislatif mengacu pada jumlah penduduk, baik itu di tingkat kabupaten/kota ataupun provinsi. Jika jumlah penduduk Empat Lawang nantinya dibawah 200 ribu jiwa tentu kursi DPRD akan berkurang.
“Kalau jumlah yang pasti belum, namun kemungkinan kurang dari 200 ribu jiwa, maka Pileg 2014 hanya 25 kursi DPRD,” ungkap David.

Untuk hasil pendataan E KTP , memang ada sedikit indikasi berkurangnya jumlah penduduk di Empat Lawang, namun demikian harus ditetapkan dahulu oleh pemerintah pusat melalui KPU tentang data penduduk yang baru, sehingga bisa dijadikan data real acuan pelaksanaan pemilu mendatang.
“Namun untuk perubahan daerah pemilihan (dapil) diperkirakan akan ada, karena Empat Lawang sudah memilki 10 kecamatan, sebelumnya hanya ada 7 kecamatan saja,” ujar David.

Sementara itu, Anggota KPUD Empat Lawang,Listan Effendi belum bisa memastikan apakah jumlah kursi legislative pada pileg 2014 akan berkurang. Sebab menurut dia, jumlah penduduk berdasarkan pendataan E KTP saat ini belum ditetapkan sebagai acuan baik untuk Pilkada ataupun Pileg.
“Yang jelas penetapan kursi DPRD itu bukan dari jumlah wajib KTP atau mata pilih, tapi dari jumlah penduduk suatu daerah,” imbuhnya.

http://beritapagi.co.id/read/2012/06/jumlah-penduduk-berkurang-kursi-dprd-hilang.html

About these ads

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Tulisan ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s